Monday, October 15, 2012

Tips untuk nyaman berkomunikasi

Memulai pembicaraan dengan seseorang ataupun dengan banyak orang adalah pengalaman yang cukup menegangkan bagi tiap orang. Disaat anda benar - benar merasa tegang, maka anda akan susah untuk berbicara dan pikiran anda menjadi kosong. Hal ini merupakan hal yang lumrah, pasti setiap orang pernah mengalaminya. Namun, anda tidak dapat menghindar dari pekerjaan anda hanya karena anda merasa gugup ataupun tegang jika berhadapan dengan orang lain. Berikut beberapa masukan agar anda dapat nyaman dalam berkomunikasi dengan relasi anda.



  • Berlatih. Anda dapat berlatih dengan teman anda. Komunikasi dalam dunia kerja, sama hal nya berkomunikasi dengan teman. Berlatih untuk menyampaikan suatu topik di depan teman ataupun keluarga bisa sangat membantu anda mengenali bagaimana menjalin keakraban. Sifat keakraban ini yang nantinya akan membuat anda merasa nyaman untuk berbicara dengan orang disekitar anda.
  • Ketahui topik dengan baik. Anda harus mengetahui masalah apa yang ingin anda bicarakan dengan lawan bicara anda, sehingga tidak ada kesalahan tanggapan dari lawan bicara anda. Penyampaian topik permasalahan yang tidak menyeluruh dapat menimbulkan mis komunikasi dengan lawan bicara anda.
  • Jangan menghafal. Jangan menghafal topik dari tiap - tiap masalah dan cara berbicara serta kalimat yang nantinya ingin anda bicarakan. Kecenderungan ini hanya akan membuat anda merasa tidak nyaman, dimana jika anda lupa terhadap satu permasalahan, bisa membuat anda lupa semuanya. Catatlah poin - poin permasalahan yang akan anda bicarakan. Ini akan membuat anda lebih nyaman berkomunikasi.
  • Pandang lawan bicara. Saat berkomunikasi, pandanglah lawan berbicara anda. Selain ini merupakan sebuah etika dalam berbicara, hal ini juga memperlihatkan keseriusan anda dalam pembahasan masalah.
  • Basa basi. Untuk memulai sebuah percakapan, anda bisa memulai dengan topik - topik ringan terlebih dahulu sebagai bentuk basa basi. Setelah pembicaraan mulai akrab, anda bisa langsung menyinggung permasalahan yang sebenarnya anda ingin bicarakan. Dengan berbasa basi, anda akan tahu mood atau suasana hati lawan bicara anda sehingga anda dapat memegang kendali agar lebih nyaman dalam membicarakan sebuah topik permasalahan.
Biasakanlah berkomunikasi dengan nyaman di lingkungan kerja anda. Pada dasarnya, jika anda sudah terbiasa berkomunikasi dengan banyak macam orang, anda akan merasa nyaman tanpa ada perasaan gugup.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment