Tuesday, October 16, 2012

Tips etika menggunakan handphone dalam pekerjaan

Telephone selular atau handphone sudah menjadi kebutuhan primer masa kini. Selain hal ini memudahkan anda untuk menghubungi orang yang terkait, handphone juga dapat dibawa kemana saja. Di dunia kerja, handphone juga merupakan suatu hal yang pokok. Adanya panggilan masuk ke handphone anda untuk permasalahan kerja ataupun masalah lain disaat anda sedang bekerja terkadang membuat anda cukup terganggu. Hal ini juga mempengaruhi kompetensi dan kredibilitas anda dalam dunia pekerjaan. Suka atau tidak suka, jika sudah dalam dunia pekerjaan, anda harus profesional. Berikut beberapa masukan untuk
anda perihal etika menggunakan handphone.

  • Tahu kapan harus mematikan telephone ataupun menyetel dalam kondisi "silent". Jadikan kebiasaan untuk menyetel handphone anda dalam kondisi silent atau mematikannya jika anda akan menghadiri sebuah pertemuan, interview, ataupun konferensi. Jika handphone anda tiba - tiba berbunyi tanpa anda sadari, disaat anda dalam sebuah pertemuan atau pembicaraan penting, matikan segera handphone tersebut dan telephone lah lagi setelah anda selesai.
  • Tahu apa yang harus anda lakukan jika menerima panggilan penting dari handphone saat anda sedang menghadiri pertemuan. Ada kalanya anda menerima panggilan yang sangat penting dari handphone anda disaat pertemuan sedang berlangsung. Cara mengantisipasi hal ini adalah, duduklah dekat dengan pintu sehingga anda dapat gampang keluar jika memang ada panggilan penting. Beritahu rekan kerja atau kolega anda dengan sopan bahwa memang anda harus menggangkat panggilan handphone tersebut, lalu pergilah keluar, dan pastikan pembicaraan anda singkat.
  • Tahu kapan harus membalas pesan singkat atau SMS. Ingatlah bahwa tidak semua pesan singkat harus dibalas saat itu juga. Anda bisa membalas pesan singkat tersebut nanti atau langsung menelpon orang yang mengirim SMS kepada anda. Hal ini membantu anda agar tidak terfokus kepada handphone anda saat pertemuan atau pembicaraan penting sedang berlangsung.
  • Berbicara dengan lembut. Ada kecenderungan beberapa orang berbicara melalui handphone dengan suara yang keras. Hal tersebut adalah hal yang harus anda hindari karena akan memberikan kesan buruk dari kolega yang ada disekitar anda. Berbicaralah dengan suara yang cukup dan intonasi yang tepat. Jika memang suara anda tidak terdengar dengan jelas karena pengaruh sinyal, keluarlah ke ruangan terbuka agar handphone anda memperoleh cukup sinyal.
  • Hindari nada handphone yang tidak profesional. Akan lebih baik jika anda menggunakan nada dering yang berupa orkestra, atau musik yang klasik. Terkadang nada dering yang terlalu mencolok akan membuat anda terkesan tidak baik di depan kolega anda. Akan memalukan jika di saat berhadapan dengan klien penting dalam sebuah pertemuan, tiba - tiba ada panggilan masuk dari handphone anda dan terdengar nada atau lagu terbaru dari Justin Beiber ataupun Chris Brown.
Etika dalam menggunakan handphone ini juga memperlihatkan sifat profesional anda dalam dunia kerja. Jika anda memiliki contoh yang bagus dari supervisor atau manager anda, anda dapat menirukannya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment