Monday, October 15, 2012

Tips untuk memulai karir baru.

Bekerja dengan karir yang baik di sebuah perusahaan yang benefit adalah idaman semua orang. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya membuat anda merasa nyaman dalam berkarir. Banyak hal yang terjadi di dunia kerja dimana membuat seseorang mencari tempat yang baru untuk memulai karir, sebagai contoh : antara pegawai "saling sikut", "jilat" atasan, ketimpangan gaji, ditekan atasan, ataupun karena hal lainnya. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah karir yang baru. Jika anda mengetahui tempat yang baru dimana anda bisa memulai, buatlah keputusan segera. Akan lebih mudah untuk masuk ke tempat yang baru jika pekerjaan anda saat ini berhubungan dengan pekerjaan di tempat yang baru. Jika anda memiliki modal, akan lebih baik jika anda memulai berwirausaha.


Memulai karir yang baru memang tidak sepenuhnya mudah. Bisa saja posisi anda merosot dari tingkat posisi yang anda miliki saat ini. Namun, dalam berbagai situasi, mengganti karir anda dapat menjadi sebuah hal yang menenangkan jiwa. Rasa nyaman dan tenang dalam dunia kerja dapat membuat anda menikmati pekerjaan anda dan tentunya mengurangi dampak stress dari pekerjaan itu. Kuncinya adalah pilihlah karir yang memang anda sukai dan tentunya anda mempunyai kemampuan dalam bidang itu. Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk melancarkan karir anda yang baru.
  • Pertama sekali yang anda lakukan adalah menilai/ mengetahui situasi anda. Jika anda ingin mengganti karir dengan cepat dan karir yang anda cari itu tidak membutuhkan syarat pendidikan khusus, anda akan dapat memulai karir yang baru tersebut secepatnya. Namun, jika karir yang baru tersebut membutuhkan pendidikan khusus, anda harus melakukan langkah - langkah pendidikan yang dibutuhkan tersebut terlebih dahulu.
  • Selidiki terlebih dahulu karir yang anda inginkan tersebut. Dekati orang - orang yang sudah berkarir di tempat tersebut. Tanyakanlah soal hal - hal yang menarik dan tidak menarik di tempat tersebut. Hal ini dapat membantu anda memutuskan untuk pindah ke tempat tersebut.
  • Persiapkan langkah - langkah yang anda butuhkan untuk pindah. Mulai dari surat lamaran, penjadwalan waktu cuti untuk interview dan test di tempat yang baru.
  • Ketahui ketetapan jangka waktu untuk posisi yang baru. Jika memang anda harus memiliki pendidikan tertentu terlebih dahulu, jalani hal tersebut. Atau jika posisi tersebut mengharuskan anda memiliki pengalaman tiga tahun, maka bertahanlah selama tiga tahun terlebih dahulu pada karir anda. Untuk anda ketahui, orang yang memiliki pengalaman akan lebih banyak diminati para perekrut.
  • Mulailah langkah anda segera, jangan menunda nunda. Pada saat yang bersamaan, selagi anda masih tetap bekerja di perusahaan anda, masukkan lamaran anda ke tempat yang baru.
Memang tidak semua dari anda ingin mengganti karir anda di tempat yang baru. Namun, bagi anda yang mengalami berbagai macam ketidak nyamanan dan ketidak sesuaian dengan kepribadian anda di tempat kerja, tidak ada kata terlambat untuk memulai karir yang baru. Semoga masukan diatas dapat bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment