Monday, October 15, 2012

Tips membuat surat lamaran kerja

Jika anda ingin bergabung di dalam perusahaan yang sedang mencari pegawai, tentu saja surat lamaran merupakan suatu langkah awal yang anda lakukan.
Surat lamaran ini sama hal nya dengan sebuah kado, dimana jika anda memberikan kado kepada seseorang, anda pasti akan membungkusnya semenarik mungkin. Surat lamaran merupakan tahap yang sangat penting karena anda harus dapat menarik perhatian dari orang yang akan membaca. Memang, sertifikat dan lampiran lainnya juga mempengaruhi, akan tetapi jika surat lamaran anda tidak menarik maka orang yang membaca tentu tidak akan meninjau lampiran yang ada pada surat anda. Oleh karena surat lamaran tersebut merupakan sesuatu yang memiliki peranan sangat besar, berikut beberapa tips untuk membuat surat lamaran.



  • Ketahui syarat pelamar. Setiap perusahaan yang mengumumkan lamaran kerja pasti akan memberitahu kepada anda posisi yang dibutuhkan dan syarat - syarat mutlak untuk bergabung, contohnya : umur, pendidikan, gender, dan lain - lain.
  • Ketahui kebutuhan. Tempatkan posisi anda sebagai si orang yang merekrut. Jika anda sebagai orang yang merekrut, apa yang anda cari dari seorang pelamar kerja? Tuliskanlah hal tersebut di dalam surat lamaran anda.
  • Bahas soal pendidikan dan pengalaman anda. Jabarkanlah soal pendidikan dan pengalaman anda yang memang menjadi kebutuhan atau syarat dari posisi yang dibutuhkan tersebut. Buatlah daftar pengetahuan anda, pelatihan yang pernah anda jalani, dan pengalaman anda terkait dengan pekerjaan tersebut. Jika anda memiliki banyak pengalaman dalam pekerjaan itu, tuliskan juga soal pengalaman keberhasilan anda pada posisi tersebut.
  • Kenalkan pribadi anda. Anda harus dapat memberikan deskripsi soal pribadi anda. Hal ini juga terkait dengan pengalaman anda. Tunjukkan karakteristik anda kepada perusahaan yang akan merekrut anda. Sebagai contoh, anda adalah seseorang yang dapat belajar dengan cepat, berkepribadian baik, bisa bekerja dalam tim, memiliki mentalitas pemimpin dan sebagainya. Hal ini yang harus ada dalam surat lamaran anda.
  • Menarik perhatian pembaca. Buatlah surat lamaran semenarik dan serapi mungkin. Susunlah format surat tersebut sehingga memudahkan si pembaca. Jangan menggunakan jenis huruf/ font dan warna yang mengganggu si pembaca. Hal ini tentunya dapat mengalihkan perhatian pembaca dari inti surat lamaran anda. Pastikan data - data yang anda jabarkan di dalam surat lamaran sudah benar dan ditulis dengan benar.
Ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan, yaitu : batasilah surat lamaran anda menjadi 1 halaman saja, pastikan semua informasi yang anda sampaikan disana adalah benar, periksa struktur kata dan tulisan anda kembali jika ada salah pengetikan, dan jangan terlalu membesar - besarkan diri anda di dalam surat lamaran, contohnya dengan mengatakan bahwa anda menyukai tantangan. Hal ini hanya akan memberikan kesan buruk kepada anda. Kenapa? karena pada dasarnya tidak ada orang yang suka pada tantangan. Ingatlah, surat lamaran anda merupakan kunci dimana anda menyorot diri agar terlihat sesuai dengan yang dicari perekrut. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment