Thursday, October 18, 2012

Tips bagi ibu untuk menyeimbangkan karir dan keluarga

Dari tahun ke tahun, biaya hidup dan kebutuhan pokok lainnya terus meningkat. Jika di masa lampau, seorang suami saja yang bekerja sudah cukup menunjang kesejahteraan keluarga. Sekarang tidak lagi. Banyak wanita yang ikut terjun ke jenjang karir untuk menunjang kehidupan keluarganya. Menjadi seorang ibu dan wanita karir merupakan hal yang mungkin di masa sekarang ini. Sudah banyak ibu yang bisa menjalaninya dan banyak juga yang gagal karena mereka tidak mengetahui cara menyiasatinya. Anda bisa menjalani keduanya sekaligus tanpa harus mengorbankan salah satunya. Berikut beberapa tips untuk anda agar menjadi ibu yang baik sekaligus wanita karir.



  • Menjadwalkan dan konsisten. Hal yang pertama sekali yang harus anda lakukan adalah menjadwalkan diri anda secara konsisten untuk karir dan keluarga. Sebagai contoh, mengatur waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti berbelanja, mencuci, menyiapkan sarapan, makan malam untuk keluarga, dan menjemput anak pulang sekolah (jika memang mendapat izin dari kantor), serta menemani anak membuat pekerjaan rumah ataupun sekedar mendengar cerita tentang keseharian anak anda di sekolahnya.
  • Memikirkan bantuan. Kebanyakan ibu, mungkin termasuk anda, tidak ingin menggunakan jasa baby sitter. Hal ini disebabkan karena banyaknya kasus - kasus yang terjadi sehingga menggunakan jasa baby sitter ini malah akan membuat perasaan lebih was was. Anda dapat menggunakan jasa pembantu agar dapat membantu anda melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, bersih - bersih, dan sebagainya, sehingga anda memiliki banyak waktu bersama keluarga. Namun, tidak tertutup kemungkinan jika anda meminta bantuan kepada suami, atau orangtua, ataupun mertua anda.
  • Memikirkan untuk bekerja dirumah. Cara lain agar anda bisa dapat dekat dengan anak dan keluarga anda adalah dengan bekerja dirumah. Beberapa perusahaan memang ada yang memberikan fasilitas seperti ini ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dimana anda bisa mengirim laporan lewat media internet, namun hal tersebut sangat jarang dan juga akan membatasi karir anda. Namun selain cara ini, anda juga bisa memulai karir yang baru dimana anda hanya mengerjakannya dirumah, seperti jualan online dan sebagainya.
  • Mengorbankan impian dan ambisi anda. Ada kalanya impian anda untuk menjadi seorang wanita karir yang sukses terkorbankan karena hadirnya seorang bayi di dalam kehidupan keluarga anda. Perhatian dan konsentrasi yang terbagi antara ambisi anda dan bayi anda membuat kehidupan anda lebih susah, termasuk mengejar ambisi anda. Akan lebih bijaksana jika anda mengorbankan ambisi anda dan membagi waktu anda lebih banyak untuk buah hati anda. Paling tidak, anda tetap memiliki karir dan mempunyai waktu yang cukup dengan keluarga anda.
Pada dasarnya semua wanita dapat melakukan hal ini. Semua itu hanya tergantung kepada kemauan, sikap disiplin, komitmen, dan kreatifitas anda untuk menjalaninya. Memang, hari - hari seperti ini pasti akan melelahkan, namun bukan berarti anda tidak dapat menjalaninya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment