Friday, October 19, 2012

Tips merawat kehamilan

Kehamilan pada istri adalah tahap yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri yang sudah menikah dan menginginkan momongan. Menjaga kehamilan bukanlah sebuah hal yang mudah. Sudah banyak kejadian dimana istri keguguran karena kelalaian ataupun karena kurang pengetahuan dalam hal menjaga kehamilan. Berikut beberapa tips untuk anda dalam menjaga kehamilan.


Makanan yang bergizi.

Wanita hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, karena makanan tersebut bukan hanya untuk kesehatan sang ibu, tetapi juga untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Hindari makan dalam porsi yang sangat banyak sekaligus. Akan lebih baik jika makan dengan porsi yang cukup kenyang namun sering.

Jauhi rokok dan alkohol.

Asap rokok dan makanan atau minuman beralkohol adalah hal yang sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi untuk kehamilan. Usahakan menghindari kedua barang tersebut dimasa kehamilan. Jika memang suami anda merokok, sarankanlah untuk merokok diluar rumah.

Jangan melakukan aktifitas berat.

Aktifitas berat ini bukan sekedar menggangkat benda berat, tetapi juga bekerja terlalu lelah. Hal ini bukan berarti anda membiarkan tubuh anda malas dalam melakukan aktifitas. Wanita hamil pada dasarnya boleh bekerja, namun tidak boleh terlalu lelah karena kelelahan berpengaruh buruk untuk janin. Jika memang badan sudah merasa lelah, istirahatlah sebentar sebelum memulai aktifitas anda kembali.

Hindari stress.

Jika ada suatu masalah, selesaikanlah segera dan jangan dibiarkan berlarut - larut. Jika dibiarkan, tentunya akan menjadi pikiran anda disaat hamil dan akan memicu stress. Stress selain dapat mempengaruhi perkembangan janin, juga dapat mengakibatkan keguguran. Untuk itu, hindari hal ini.

Jangan sembarangan mengkonsumsi suplemen.

Karena banyaknya produk suplemen untuk wanita hamil yang beredar di pasaran, bukan berarti anda mencobanya sendiri. Konsultasikanlah terhadap dokter spesialis kandungan anda, untuk jenis - jenis suplemen yang memang bagus untuk anda konsumsi.

Waspada saat berhubungan intim.

Wanita yang sedang hamil bukan berarti tidak boleh melakukan hubungan intim. Jika kehamilan anda masih muda, berhati - hatilah dalam berhubungan intim, benturan ataupun goncangan saat berhubungan intim dapat mengakibatkan keguguran.

Konsultasi ke dokter spesialis kandungan.

Saat hamil, anda sebaiknya rutin untuk memeriksa kandungan anda. Akan lebih baik jika anda memeriksakan kehamilan anda setiap bulannya. USG termasuk cara anda mengetahui kesempurnaan tumbuh dan berkembangnya bayi di dalam kandungan anda. Mengkonsultasikan kandungan secara rutin tidak hanya bagus untuk kesehatan anda, tetapi juga membantu anda mengetahui jika ada sesuatu yang terjadi dengan kandungan anda.

Demikianlah tips untuk anda, semoga tips diatas dapat memberikan masukan dan manfaat untuk anda dalam menjaga kehamilan anda.

No comments:

Post a Comment