Thursday, October 18, 2012

Tips untuk meningkatkan konsentrasi kerja

Pada waktu duduk di kursi sekolah ataupun kuliah, kebanyakan dari kita enggan berkonsentrasi penuh di setiap mata pelajaran yang kita pelajari. Banyak hal tentunya yang menjadi alasan, antara lain : dosennya membosankan, tidak suka mata pelajarannya, lagi bete, dan lain sebagainya. Konsentrasi penuh umumya timbul disaat kita akan menghadapi ujian kenaikan tingkat, dimana kita belajar dengan giat dan tidak ingin ada gangguan dari siapapun agar konsentrasi kita tidak buyar.

Dalam dunia kerja, konsentrasi dalam bekerja merupakan hal yang harus anda lakukan setiap harinya, karena ini sangat mempengaruhi prestasi kerja anda. Semakin anda berkonsentrasi dalam bekerja, semakin baik hasilnya. Konsentrasi merupakan sebuah kemampuan di dalam diri anda yang harus anda kembangkan agar potensi anda lebih maksimal dalam bekerja. Berikut beberapa tips untuk anda agar dapat meningkatkan konsentrasi kerja.

Ciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Suatu hal yang pasti dan utama yang harus anda miliki di kantor adalah ruang untuk bekerja. Anda juga harus menyiapkan segala peralatan yang anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Apapun pekerjaan anda, ciptakan ruang yang nyaman untuk anda bekerja, penerangan yang cukup, dan lengkapi segala peralatan yang anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

Menyingkirkan hal - hal yang mengganggu.

Meja kerja yang berantakan oleh dokumen - dokumen pasti akan sangat mengganggu pemandangan anda, apalagi konsentrasi anda. Jika anda menghadapi kondisi yang seperti ini, yang harus anda lakukan adalah menyingkirkan hal - hal yang mengganggu tersebut. Sebagai contoh : merapikannya ke dalam laci ataupun lemari dimana dokumen itu harus di tempatkan. Ciptakanlah ruang yang benar - benar bersih dari apa pun yang mengganggu konsentrasi kerja anda.

Skala prioritas.

Anda harus tahu pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Walaupun anda memiliki pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya penting, namun batas waktu dari pekerjaan tersebut pastilah berbeda - beda. Utamakanlah menyelesaikan pekerjaan yang dibutuhkan dalam waktu cepat atau harus selesai hari itu juga.

Fokus pada pekerjaan.

Anda memang memiliki pekerjaan yang banyak dalam keseharian. Namun, mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus merupakan kebiasaan yang tidak bagus untuk dilakukan, kecuali anda memang memiliki bakat. Umumnya, orang yang bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus, hasilnya belum tentu sempurna. Selesaikanlah pekerjaan anda satu per satu, ketahui apa yang harus anda lakukan saat anda sampai di kantor, jadwalkanlah. Hal ini selain membantu anda mengatur pekerjaan anda, juga membantu anda konsentrasi terhadap masing - masing pekerjaan yang anda kerjakan. Hasilnya akan lebih baik dan akurat, dibanding mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus yang rentan terjadi kesalahan karena konsentrasi anda terbagi.

Ketahui nilai dari pekerjaan anda.

Jika anda merasa sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang mana anda nilai sangat penting, anda pasti akan melakukan sebaik - baiknya agar pekerjaan anda selesai. Oleh karena itu, kerjakan pekerjaan anda tersebut dengan tenang, sediakanlah waktu dan tenaga untuk mengerjakannya agar anda dapat berkonsentrasi penuh. Jika memang anda harus lembur atau Over Time (OT) karena anda memiliki banyak pekerjaan rutin yang harus anda selesaikan di jam kerja, kenapa tidak? Hasil pekerjaan yang baik akan meningkatkan prestasi anda sendiri.


Disaat anda meningkatkan konsentrasi anda dalam bekerja, secara tidak langsung, prestasi kerja anda juga akan ikut meningkat. Anda akan mengalami dimana pekerjaan anda akan dapat anda selesaikan dengan cepat dan dengan hasil yang baik. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment