Sunday, October 14, 2012

Tips mempersiapkan karir yang diminati perusahaan di masa depan

Seiring dengan perkembangan perekonomian dan teknologi di masa sekarang ini, banyak jenis karir dan profesi baru yang bermunculan yang belum ada di masa lalu. Oleh karena itu, agar anda dapat memiliki peluang yang bagus di masa depan nantinya, anda harus mempersiapkan diri anda. Pengetahuan, keterampilan, pola pikir, kecekatan, dan kepercayaan adalah hal dan sikap yang harus anda asah. Berikut masukan untuk anda dalam mempersiapkan diri untuk memperoleh karir anda di masa depan.



  • Evaluasi minat dan bakat anda. Anda harus terlebih dahulu mengetahui minat dan bakat anda. Hal ini membantu anda nantinya untuk bekerja dengan profesi yang anda cintai dan pastinya akan mendukung karir anda. Sebagai contoh, jika anda sangat tertarik dengan bidang komputer, IT adalah profesi yang sebaiknya anda pelajari dan kembangkan. Begitu juga jika anda tertarik dalam hal menggambar, maka Fashion designer, arsitek, interior designer, dan lainnya adalah profesi yang dapat anda minati dan kembangkan untuk kemajuan karir anda dimasa depan.
  • Lihat trend terbaru dan pelajari. Cari tahu perkembangan perusahaan yang ada disekeliling anda saat ini. Cari tahu jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan dari iklan lowongan kerja, internet, ataupun sumber - sumber lainnya. Hal tersebut akan sangat membantu anda mendapatkan gambaran untuk mempersiapkan karir anda di masa yang akan datang.
  • Pendidikan tinggi. Hal ini sangat penting di masa sekarang ini. Setidak tidaknya raihlah pendidikan sampai ke jenjang kuliah S1 dari universitas yang terkemuka. Untuk anda ketahui, syarat pendidikan yang diberikan oleh kebanyakan perusahaan untuk posisi karir yang bagus pada masa sekarang ini adalah minimum S1.
  • Cari pekerjaan yang tidak dapat digantikan. Dengan kemajuan teknologi di masa sekarang ini, sudah banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin, terutama untuk suatu hal yang tidak membutuhkan keahlian khusus. Syukurnya, masih ada beberapa pekerjaan yang belum dapat digantikan oleh mesin seperti dokter, perawat, pengacara, dan masih ada yang lainnya.
  • Pelajari bahasa asing. Memiliki keahlian lebih dari satu bahasa merupakan aset yang tidak tergantikan dari diri anda. Hal ini tentunya akan memperbesar peluang anda untuk mendapatkan karir yang bagus di masa yang akan datang.
Terus bersaing dan kembangkan keterampilan anda. Disaat nantinya anda sudah memperoleh pekerjaan dan karir yang selama ini anda dambakan, janganlah terbuai. Tetaplah mencari ilmu dan pengetahuan serta pengalaman yang baru agar dapat membuat karir anda lebih melejit. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment