Wednesday, October 17, 2012

Tips mengurangi rasa jenuh dalam bekerja

Mencintai pekerjaan anda memang merupakan suatu hal yang harus anda lakukan. Jika anda sudah sangat mencintai pekerjaan anda, anda terkadang tenggelam didalam suatu kondisi yang anda tidak pernah duga sebelumnya. Walaupun anda adalah orang yang sangat bersemangat dalam bekerja, namun ada kalanya anda sampai pada titik jenuh. Kejenuhan dalam pekerjaan ini secara tidak langsung memberikan dampak terhadap diri anda. Mungkin anda tidak menyadarinya selama ini karena anda sangat bersemangat dan mencintai pekerjaan anda. Namun, sebenarnya hal ini harus anda ketahui. Berikut bagaimana anda mengetahui bahwa anda sudah di titik kejenuhan dan beberapa tips bagi anda untuk menguranginya.



  • Ketahui gejala kejenuhan dari dalam diri anda. Untuk mengetahui anda berada pada titik jenuh atau tidak, dapat dilihat dari dua gejala, yaitu : gejala emosional dan gejala fisik. Gejala emosional antara lain adalah tempramental, mudah marah, ketidak puasan, menjengkelkan, depresi dan nekat. Gejala fisik antara lain adalah sering salah urat, pegal - pegal, sakit kepala, demam, berat badan turun, tekanan darah tinggi, dan susah tidur.
  • Tahu kapan harus rehat sejenak. Manusia pada dasarnya cenderung merasa letih saat bekerja, namun anda dapat mengantisipasi itu. Rehatlah sejenak, hal ini tidak akan mengganggu konsentrasi kerja anda. Sebagai contoh, anda juga harus ingat untuk menggerakkan anggota tubuh anda jika anda sudah duduk dalam waktu lama karena mengerjakan laporan dengan komputer anda. Berjalan keluar ruangan atau sekedar ke toilet cukup membantu anda. Sebisa mungkin aturlah waktu untuk rehat sejenak, jangan membiarkan tubuh anda kaku dengan posisi kerja anda.
  • Menyesuaikan diri dengan lingkungan. Seperti yang anda ketahui bahwa kantor adalah rumah kedua anda. Oleh karena itu, anda harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kantor anda. Timbulkan rasa nyaman dalam diri anda saat berada dikantor. Hal ini juga membantu anda untuk berinteraksi dengan kolega anda ataupun atasan anda. 
  • Cari bantuan. Anda tidak sendirian dalam bekerja. Mintalah pertolongan dari kolega anda atau atasan anda jika anda menghadapi masalah yang tidak dapat anda selesaikan. Jika anda memaksakan diri, tekanan atau tuntutan kerja yang berat dan terus menerus dapat merusak diri anda. Dampak buruk lainnya bisa berimbas kepada keluarga anda dirumah. Jadi ingatlah untuk mencari bantuan jika memang anda menghadapi masalah yang tidak dapat anda pecahkan sendiri.
Selain hal tersebut diatas, anda juga harus dapat menjaga kesehatan diri anda. Untuk anda ketahui,  mengalami kejenuhan dalam bekerja merupakan hal yang umum dialami oleh setiap orang. Hanya tinggal bagaimana anda menghadapi kejenuhan anda tersebut. Semoga tips diatas dapat memberikan gambaran untuk anda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment