Wednesday, October 17, 2012

Tips menyelamatkan diri dari orang yang menjengkelkan di kantor

Dalam dunia pekerjaan, baik dan dikantor maupun di lapangan, anda pasti akan pernah bertemu ataupun berurusan dengan orang - orang yang menjengkelkan dan tentunya sikap mereka itu membuat anda merasa dongkol. Hal tersebut merupakan sebuah hal yang tidak dapat anda hindari di dunia pekerjaan. Terkadang mereka suka sombong, ikut campur, dan sebagainya. Jika anda bekerja di kantor, dimana anda sering bertemu dan berhubungan dengan orang - orang seperti ini, pastilah akan sangat tidak mengenakkan. Apapun yang mereka lakukan terhadap anda, pastilah akan sangat mengganggu, bahkan bisa merusak karir
anda. Oleh karena itu, anda harus dapat menghindari orang - orang seperti ini. Berikut beberapa masukan untuk anda dalam menghadapi orang - orang seperti ini.
  • Ingat tanggung jawab. Hal pertama yang anda dapat lakukan untuk menghadapi orang - orang yang menjengkelkan di lingkungan kerja anda adalah dengan cara menghindar. Tetap fokus pada pekerjaan anda, jangan sampai anda terprovokasi dengan perkataan ataupun perbuatan mereka. Karena pada dasarnya, jika anda melayani orang - orang seperti ini, yang menjadi korbannya adalah karir anda sendiri. Intinya, acuhkan saja mereka dan fokuslah kepada karir anda.
  • Kekurangan mereka sendiri. Apa yang mereka lakukan terhadap anda hanyalah semata - mata untuk menutupi kekurangan mereka sendiri. Karyawan yang hebat atau senior sekalipun pasti memiliki kelemahan. Sikap mereka yang menjengkelkan anda, hanyalah untuk menutupi kekurangan mereka dan membuat mental anda jatuh. Jika anda percaya dengan kemampuan dan potensi anda, anda tidak harus terprovokasi dengan sikap mereka yang menjengkelkan. Anda harus mengasihani mereka karena kurang kerjaan dan merusak karir mereka sendiri.
  • Hadapi mereka. Disaat waktu dan tempat yang tepat, anda harus menghadapi mereka. Dengan tetap menjaga sikap dan kesopanan anda, katakanlah bahwa sikap mereka tersebut sangat tidak bagus dan menjengkelkan. Memang ada beberapa orang yang tidak merasa dirinya menjengkelkan sama sekali, bahkan merasa hal itu sudah biasa. Namun, anda dapat menolong orang seperti ini dan memberikan gambaran kepada mereka bahwa sikap yang mereka lakukan tersebut sangat tidak baik jika dipandang kolega kerja yang lain.
  • Komplain/ Adukan. Jika cara diatas tidak dapat merubah sikap mereka dan membuat mereka semakin membuat anda jengkel. Laporkanlah ke manager atau kepala cabang. Hal ini bukan untuk mengambil muka melainkan untuk kinerja yang lebih baik. Jika atasan sudah berbicara, karyawan pasti akan mendengarkan dan melaksanakan. Tidak ada hal yang lebih baik dari ini. Selain anda dapat bekerja dengan tenang, mereka juga akan berubah menjadi lebih baik lagi.
Ingatlah bahwa kantor adalah rumah kedua anda. Hampir 40 jam dan bahkan lebih, anda menghabiskan waktu disana dalam satu minggu. Dan tentunya anda tidak ingin orang - orang seperti ini mengganggu dan merusak karir anda dalam bekerja. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam menghadapi mereka.

No comments:

Post a Comment