Friday, October 12, 2012

Cara menjaga air di aquarium agar tetap segar

Melihat ikan berenang di aquarium menimbulkan ketenangan tersendiri, apalagi bagi orang yang memang hobi untuk memelihara ikan. Melihat kilau sisik ikan yang bersinar cerah dan gesitnya ikan berenang kesana kemari dan kemudian berenang dengan tenang, memberikan rasa relax tersendiri. Namun, hal ini tentu saja dikarenakan anda bisa menjaga kebersihan dan ekosistem yang ada di aquarium yang berada di dalam rumah anda. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar air pada aquarium anda bisa tetap segar.


Ketahui ukuran aquarium anda.

Hal yang pertama sekali yang anda harus ingat adalah ukuran pada aquarium anda. Anda harus tahu dimana nantinya anda akan meletakkan aquarium anda. Pastikan ukuran ruang kosong yang akan anda gunakan untuk meletakkan aquarium.

Penempatan aquarium.

Penempatan yang benar serta ukuran yang pas untuk aquarium anda merupakan aspek pertama yang harus anda pikirkan. Pastikan aquarium anda tidak terkena cahaya matahari langsung, karena jika diletakkan dibawah matahari langsung akan membuat air menjadi terlalu hangat dan dapat merusak ekosistem yang hidup didalamnya. Paling tidak anda dapat menambah gorden yang halus sehingga matahari yang masuk tidak terlalu banyak sehingga air tetap segar.

Aksesoris aquarium.

Yang dimaksud disini adalah komponen yang anda letakkan didalam aquarium anda, contohnya : pasir, atau batu karang, ataupun berbagai macam aksesoris lainnya. Ketahui dan jangan sembarangan mengisi aksesoris di dalam aquarium anda. Anda harus mengetahui aksesoris mana yang bagus untuk perkembangan ekosistem yang hidup di dalamnya. Hal yang anda harus ketahui bahwa aksesoris ataupun benda penghias yang anda masukkan di dalam aquarium anda ini sangat mempengaruhi tingkat keasaman air. Jadi sebaiknya cari tahu dulu jenis ikan yang ingin anda pelihara dan benda penghias apa yang cocok.

Kebersihan aquarium.

Sebelum anda memasukkan benda penghias kedalam aquarium anda, bersihkan terlebih dahulu benda - benda tersebut. Ini adalah langkah untuk membunuh bakteri atau parasit yang masih tertinggal pada benda tersebut. Di pasaran juga ada tersedia obat yang dapat mengatur kadar keasaman pada air di aquarium anda.


Penyaring yang ada pada aquarium dan generator oxygen merupakan perangkat yang membantu agar aquarium anda tetap bersih dalam waktu yang relatif lama. Periksalah secara rutin busa penyaring air dan ganti dengan yang baru jika sudah rusak atau terlalu kotor. Jika anda sedang memiliki banyak waktu luang, anda juga bisa menguras aquarium anda dan membersihkannya serta menata kembali interior didalamnya walau hanya sekedar untuk merubah suasana. Semoga bermanfaat.

2 comments: