Tuesday, October 9, 2012

Cara mengambil foto keluarga dengan timer otomatis

Berkumpul bersama seluruh anggota keluarga adalah sebuah moment yang diinginkan banyak orang. Terkadang, untuk mendapatkan moment seperti itu, sangatlah jarang. Ini dikarenakan setiap anggota keluarga memiliki kesibukan masing - masing dan jarang bisa berkumpul bersama. Kebanyakan foto keluarga yang dilakukan adalah dengan ke studio foto, dan itu pun untuk memperingati sebuah event tertentu seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan event lainnya. Yang pasti, dibutuhkan budget khusus untuk melakukan ini.

Namun, bagaimana jika anda bisa menggunakan kamera digital anda untuk melakukan itu? Anda dapat melakukannya tanpa perlu ada campur tangan fotografer khusus untuk mengambil foto moment berharga anda bersama dengan keluarga. Dan pastinya, anda tidak membutuhkan budget khusus untuk ini.
Berikut adalah tips yang dapat anda lakukan sendiri untuk mendapatkan foto moment bersama keluarga anda tercinta hanya dengan menggunakan kamera digital.

Jadwalkanlah tanggal, waktu dan tempat.

Yang pertama sekali adalah buatlah janji dengan keluarga anda dan pastikan di saat itu semua anggota keluarga sedang tidak bertugas. Diskusikan dimana tempat yang bagus untuk berfoto dengan anggota keluarga anda. Ada beberapa tempat yang dapat anda gunakan untuk mengambil foto keluarga, yaitu : bisa dirumah anda, jika anda memiliki pekarangan, anda bisa mengambil foto di pekarangan rumah anda, di taman kota setempat, bisa juga di tempat rekreasi, atau tempat lainnya yang mana cuacanya cukup mendukung untuk diambilnya foto tersebut.

Tentukan tema.

Tema yang biasa diambil jika melakukan pemotretan di rumah adalah gaya formal, dimana anggota keluarga menggunakan pakaian yang cukup formal. Anda cukup mengatur tema pakaian yang digunakan seluruh anggota keluarga agar kelihatan kompak dan seragam. Menggunakan batik contohnya, akan memberikan kesan tersendiri pada foto keluarga anda. Jangan sampai ada anggota keluarga yang menggunakan pakaian bebas, karena ini hanya akan merusak tema yang sudah anda buat.
Foto keluarga di tempat rekreasi atau taman kota juga menciptakan kesan tersendiri. Tema pakaian bebas yang digunakan anggota keluarga serta keceriaan yang terpancar menciptakan hasil foto yang memberikan kesan tersendiri.

Siapkan peralatan yang dibutuhkan.

Sebuah kamera digital yang memiliki pengaturan waktu adalah alat yang anda butuhkan untuk memotret. Anda tidak perlu sampai menggunakan kamera khusus beresolusi tinggi untuk melakukan ini, kecuali anda memiliki uang yang lebih untuk itu. Selain dari kamera, anda juga membutuhkan tripod untuk itu. Jika anda tidak memiliki tripod khusus untuk kamera anda, anda dapat menggunakan meja atau kursi untuk menggantikan tripod. Jangan lupa untuk mengatur ketinggian dan jarak dengan kamera digital anda.

Melakukan percobaan.

Cobalah untuk mengatur jarak sehingga nantinya seluruh anggota keluarga kelihatan dalam foto. Atur juga ketinggian tripod anda kemudian cobalah mengambil satu potret sebagai bahan percobaan. Jika jarak dan ketinggian sudah sesuai maka berikut ini adalah hal terakhir yang anda lakukan.

Mengatur timer pada kamera digital.

Disaat semua anggota keluarga sudah siap dengan pose mereka, aturlah timer kamera digital anda dalam waktu lima belas sampai dua puluh detik hitungan mundur. Jadi dengan ini anda mempunyai waktu yang cukup untuk mengambil posisi untuk berpose.


Ambillah foto sebanyak banyaknya bersama keluarga anda. Jadi nantinya anda tinggal memilih foto yang terbaik diantara semua dan mencetaknya di studio foto, membingkai lalu kemudian memajangnya di ruang keluarga atau ruang tamu anda.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment