Wednesday, October 10, 2012

Tips agar binatang peliharaan kesayangan anda jauh dari pencuri binatang.

Saat sekarang ini sudah banyak toko binatang yang memperjual belikan berbagai jenis hewan peliharaan. Kebanyakan binatang yang dijual tersebut sudah jinak dan sangat bersahabat. Karena itulah, sekarang ini mulai timbul kejahatan baru, yaitu pencurian terhadap binatang peliharaan. Mungkin hal ini masih terdengar asing di telinga anda, namun hasil pencurian binatang ini lumayan besar apalagi binatang peliharaan yang dicuri adalah binatang yang di import dari negara tertentu. 


Ada motif pencurian yang lain, yaitu dengan mencuri binatang kesayangan anda untuk beberapa waktu tertentu kemudian mengembalikannya ke anda dengan dalih menemukan binatang peliharaan anda. Hal ini sering terjadi untuk binatang peliharaan seperti kucing dan anjing.

Bagi penyayang binatang, anda akan merasakan rasa kehilangan yang amat sangat jika binatang kesayangan anda tidak berada lagi di dekat anda. Untuk mengantisipasi pencurian ini, maka yang anda harus lakukan adalah bersikap waspada. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar binatang kesayangan anda tetap aman. Berikut beberapa tips nya :
  • Pastikan binatang peliharaan anda menggunakan kalung atau ikat leher untuk binatang. Kalung itu dituliskan nama binatang peliharaan anda dan alamat anda. Jadi jika hewan kesayangan anda tersesat, orang yang menemukannya bisa mengembalikannya kepada anda. Atau cara lainnya, namun belum terlalu trend, yaitu memasang mikro chip di kalung pada binatang peliharaan anda. Mikro chip yang memiliki fungsi GPS ini akan membantu anda menemukan lokasi dimana binatang kesayangan anda berada.
  • Gunakan rantai jika anda pergi jalan dengan binatang peliharaan anda. Ini akan membantu anda menahan binatang peliharaan anda jika dia mau pergi jauh atau akan mengejar sesuatu. Selain itu juga memberikan rasa keselamatan bagi orang yang ada disekitar anda. Paling tidak ini dapat memberikan rasa aman kepada anda sehingga binatang peliharaan anda tidak diambil atau dicuri orang lain.
  • Ajari binatang peliharaan anda untuk langsung datang ketika anda memanggilnya. Jika anda tidak dapat mengajarinya sendiri, bawalah binatang peliharaan anda di sekolah khusus pelatihan binatang.
  • Tetap berada pada lingkungan yang aman. Jika hendak membawa binatang peliharaan anda berjalan sore, bawalah ke tempat yang memang biasanya anda lalui sehingga orang sekitar akan mengenali anda. Orang - orang yang memiliki binatang peliharaan yang ada disana pasti juga akan waspada dan memperhatikan jika ada orang asing yang masuk ke lingkungan itu.
  • Pagari pekarangan anda. Jika anda mempunyai binatang peliharaan yang masih kecil, lebih baik membawanya untuk tidur didalam rumah di malam hari. Anak anjing, contohnya, bisa gampang dicuri dan dimasukkan kedalam tas atau dimasukkan dibalik jaket. Kalau anjing anda sudah besar, tidak akan masalah lagi jika hanya dibiarkan di pekarangan. Pencuri pun pasti akan takut.
  • Jangan lengah. Anak anjing sama halnya dengan anak kecil yang akan pergi mencari sesuatu hal yang baru yang belum dia ketahui. Jika anda tidak mengikatnya dengan rantai, pastikan anda tetap mengawasinya dan pastikan bahwa dia sudah dilatih dengan baik sehingga akan langsung datang kepada anda jika dipanggil.
  • Segera laporkan ke petugas keamanan setempat jika anda kehilangan binatang peliharaan anda. Berikan gambaran tentang binatang peliharaan anda seperti warna bulu, jenis, ukuran serta namanya. Lebih banyak orang yang mencari binatang peliharaan anda saat anda baru kehilangan, akan sangat baik karena potensi untuk menemukannya kembali masih sangat besar. 
Tetaplah waspada dan awasi binatang peliharaan anda. Anda dapat mengikuti tips diatas, dan semoga anda terhindar dari kasus pencurian binatang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment