Tuesday, October 9, 2012

Tips untuk memelihara anak anjing atau anak kucing liar

Jika anda melihat di sekitar lingkungan atau kota tempat anda tinggal, anda akan melihat banyak anjing dan kucing yang berkeliaran. Sering juga anda melihat banyak bangkai anak kucing dan anak anjing tergeletak di jalan karena terlindas oleh kendaraan yang lewat. Mungkin anda pernah tersentuh melihat keadaan seperti itu. Bagi anda yang pecinta binatang, Anda dapat menyelamatkan anak anjing atau anak kucing liar tersebut dengan memelihara mereka sebagai binatang peliharaan dirumah. Berikut adalah beberapa tips yang harus anda ketahui :


Tentukan jumlah binatang yang bisa anda pelihara.

Anda harus memiliki tempat khusus dirumah yang bisa anda manfaatkan untuk memelihara hewan liar ini dan menyelamatkan mereka dari kematian. Periksa dan ukur rumah anda dengan baik sehingga anda dapat menentukan berapa banyak binatang yang dapat anda pelihara dirumah. Pastikan anda mempunyai tempat yang cukup bagi binatang ini untuk tinggal. Pastikan juga anda mempunyai tempat yang cukup untuk mereka berkeliaran atau bergelut. Anda juga harus menghitung budget keuangan anda untuk memelihara binatang ini. Biaya makan dan obat untuk binatang tersebut cukup besar. Jadi anda harus benar - benar menghitung keuangan anda sehingga dapat mengukur berapa banyak binatang yang dapat anda pelihara di rumah dengan baik.

Kunjungi dokter hewan setempat.

Untuk menjaga keselamatan anda dan lingkungan disekitar anda, binatang liar ini harus diberikan suntikan agar tidak menyebarkan rabies. Pergilah ke dokter hewan agar binatang peliharaan anda diberikan suntikan agar tida menyebabkan rabies, lalu tanyakan juga perihal kapan waktu untuk memberikan suntikan selanjutnya.

Berikan perhatian dan ajari.

Sama hal nya dengan manusia, binatang peliharaan kita juga butuh perhatian dan kasih sayang. Anda dapat mengelus elus kepala dan badannya sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang. Selain itu, anda dapat mengajak mereka berjalan - jalan disore hari sekaligus mengajarkan mereka agar tidak buang air dirumah dan masih banyak hal lain yang dapat diajarkan kepada binatang peliharaan ini. Anda juga dapat mengajaknya bermain dengan menggunakan mainan seperti bola kecil ataupun mainan lainnya. Untuk diingat, mengajari binatang ini tidak akan terlihat hasilnya dalam waktu semalam. Butuh waktu cukup lama sampai akhirnya mereka mengerti apa yang kita inginkan.


Memelihara binatang merupakan salah satu hobi yang dapat anda lakukan dirumah. Khususnya bagi yang hobi memelihara anjing, Anjing memberikan keuntungan tersendiri bagi yang memeliharanya. Mereka dapat menjaga si pemilik dari ancaman bahaya ataupun orang yang berniat jahat.

Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. tipsnya sangat bermanfaat sekali gan untuk merawat anak kucing yang ditinggal induknya. sangat membantu

    ReplyDelete