Friday, October 12, 2012

Tips mengurangi biaya perawatan untuk binatang peliharaan anda

Memiliki binatang peliharaan dirumah memang memberikan keuntungan tersendiri bagi si pemilik. Dari segi kesehatan, memiliki binatang peliharaan dapat membantu anda mengurangi perasaan stress dan depresi. Kebanyakan pemilik binatang peliharaan ini mengeluarkan biaya yang banyak untuk menjalankan hobi tersebut. Jika anda sedang mencari cara untuk mengurangi biaya tersebut, berikut ini beberapa masukan untuk anda.



  • Memungut atau mengadopsi binatang peliharaan. Ada banyak cara bagi anda jika ingin memiliki binatang peliharaan tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. Pungut atau adopsilah binatang peliharaan dari lingkungan sekitar anda. Sebagai contoh, jika anda memiliki relasi yang mempunyai binatang peliharaan yang baru melahirkan, adopsi lah bayi binatang tersebut dari mereka. Ini sangat membantu karena si pemilik binatang belum tentu bisa memelihara seluruh bayi yang dilahirkan tersebut. Daripada anda harus membeli, cara ini membantu anda agar tidak mengeluarkan biaya khusus untuk memiliki binatang peliharaan.
  • Makanan. Memberi makanan yang bernutrisi kepada peliharaan anda tentu saja akan menunjang kesehatan dan pertumbuhannya. Di toko hewan, ada dijual berbagai macam produk makanan hewan khusus untuk peliharaan anda dirumah. Anda disini harus teliti dalam membandingkan harga dan kualitas dari makanan tersebut. Jangan beranggapan bahwa makanan hewan yang mahal selalu memiliki kualitas terbaik. Hal itu akan menimbulkan kekeliruan bagi anda, dan akan membuat anda mengeluarkan uang banyak. Carilah makanan peliharaan anda yang memang memiliki komposisi yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang lebih murah tentunya.
  • Ketahui alat perawatan untuk peliharaan anda. Peliharaan anda memiliki kebutuhan dasar tersendiri untuk perawatan. Sebagai contoh, jika anda memelihara anjing, anda membutuhkan sisir bulu, sikat gigi, alat potong kuku dan pembersih telinga. Alat - alat ini berguna nantinya bagi anda dalam menjaga kebersihan dan kesehatan anjing peliharaan anda. Jika anda masih belum mengetahui cara yang baik untuk menggunakan alat tersebut, anda dapat terlebih dahulu mengkonsultasikan dan melihat cara pakar pemelihara hewan melakukannya. Jadi nantinya anda dapat melakukannya sendiri.
  • Kebersihan. Bersihkanlah binatang peliharaan anda secara teratur. Hal ini akan membuat peliharaan anda tetap sehat, jauh dari serangan kutu dan tentunya tidak mudah sakit. Karena jika peliharaan anda sampai sakit, biaya yang dikeluarkan akan menjadi besar untuk pengobatannya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
  • Suntikan. Tanyakan kepada spesialis hewan perihal suntikan atau vaksinasi yang dibutuhkan untuk peliharaan anda dan disaat berumur berapa peliharaan anda harus disuntikkan. Hindari vaksinasi gratis yang datang ke lingkungan anda, selain tidak menjamin, vaksinasi seperti ini dapat mengakibatkan resiko penyakit baru bagi peliharaan anda.
  • Tetap sederhana. Bagi beberapa dari anda, memberikan pakaian layaknya manusia terhadap binatang peliharaan anda memang menyenangkan untuk dilihat. Namun sebenarnya ini tidak dibutuhkan oleh peliharaan anda dan membuang uang. Hal yang dibutuhkan oleh peliharaan anda hanyalah perhatian, kasih sayang dan waktu bermain dengan anda. Hubungan seperti itulah yang sebenarnya diharapkan binatang peliharaan anda.
Nah, itulah beberapa masukan bagi anda agar dapat mengurangi biaya pemeliharaan untuk binatang peliharaan kesayangan anda dirumah. Ingatlah, mengurangi biaya ini bukan berarti anda juga mengurangi perhatian dan kasih sayang terhadap peliharaan anda. Cintailah binatang peliharaan anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment