Sunday, October 7, 2012

Tips mengobati rambut kering - rambut rusak

Pada zaman sekarang ini, banyak wanita yang sangat memperhatikan rambutnya. Karena terlalu memperhatikan rambut mereka, banyak wanita yang akhirnya menyalahgunakan produk - produk rambut dan perawatan untuk rambut. Sebagai contohnya : Mewarnai rambut setiap saat, sering menggunakan catok rambut, keramas dan menggunakan kondisioner setiap saat, dan beberapa hal lainnya malah mengakibatkan rambut yang pada awalnya tadi indah menjadi kering dan rusak.


Dan pada saat hal itu terjadi, banyak wanita yang berbondong - bondong pergi ke salon untuk memperbaiki rambut yang sudah rusak tersebut. Cukup memalukan bagi para wanita jika memiliki rambut yang kusut berantakan dan rusak, apalagi di hadapan pria yang special ataupun klien bisnis
Masalah yang menyebabkan itu semua adalah karena mereka tidak mengetahui bahwa mereka bisa mengobati rambut mereka yang rusak dengan cara yang sederhana.
Berikut ada beberapa tips untuk itu :

Jangan keseringan mencuci rambut.

Rambut kering sering dikaitkan dengan fakta bahwa tidak cukupnya minyak alami yang dihasilkan oleh rambut agar tetap lembab dan terawat. Sering kali hal ini diperparah dengan seringnya anda mencuci rambut.
Sebenarnya, saat rambut anda kering, anda harus dapat menahan agar tidak mencuci rambut terlebih dahulu dengan maksud agar rambut memiliki waktu untuk memulihkan dirinya sendiri. Jika anda tetap mencuci rambut anda, maka yang terjadi adalah minyak yang dihasilkan tadinya terbilas bersih saat anda mencuci rambut. Alhasil, rambut anda tetap menjadi kering. Sebagai catatan, jika anda memiliki rambut kering, berikanlah waktu kepada rambut anda untuk melembabkan dan memperbaiki dirinya secara alami.

Jangan keringkan rambut dengan hair dryer.

Bagi kebanyakan wanita, mengeringkan rambut dengan hair dryer setelah mandi adalah cara yang paling penting untuk merawat rambut. Tapi, jika rambut anda sudah kering dan rusak, mengeringkan rambut dengan hair dryer hanya akan membuat kerusakan rambut anda menjadi lebih parah lagi.
Anda hanya perlu memberikan waktu untuk rambut anda agar dapat menyembuhkan dirinya. Oleh karena itu, hal yang penting yang harus anda lakukan adalah jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut anda sampai nanti disaat rambut anda sudah mulai lembab dan berkilau. Anda bisa menggunakan kipas angin ataupun kipas tangan untuk mengeringkan rambut anda.

Ganti shampoo anda.

Mungkin shampoo yang anda gunakan sebelumnya adalah shampoo yang dirancang untuk jenis rambut dan masalah rambut lainnya ataupun shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala anda. Bila anda bermasalah rambut kering, anda harus menukar shampoo dan kondisioner yang sesuai untuk rambut kering anda, sehingga mempercepat proses pemulihan rambut anda yang rusak tadi.
Jika anda mempunyai uang yang lebih untuk itu, akan lebih bagus jika anda beralih pada shampoo organik. Karena hal ini sangat baik untuk proses pemulihan pada rambut anda. Selain itu, hindari dulu untuk keramas setiap hari.
Shampoo pada umumnya membuat rambut kering, tidak berminyak. Jika anda punya masalah rambut kering, ubahlah jarak waktu keramas anda menjadi tiga hari sekali. Kemudian, pastikan bahwa anda menggunakan konditioner setelah selesai keramas untuk melembabkan rambut dan kulit kepala.

Lindungi dari cahaya matahari langsung.

Ini adalah salah satu hal lagi yang harus dilakukan. Matahari adalah salah satu penyebab utama rambut kering. Pancaran sinar matahari yang mengandung berbagai partikel sinar, dapat menjadikan rambut anda kering dan rusak. Untuk membantu proses penyembuhan rambut anda, kurangi terkena sinar matahari secara langsung ke rambut anda.

Beralihlah ke pola makan yang sehat.

Air, buah buahan, sayur sayuran yang dikombinasikan dengan beberapa suplemen vitamin dan mineral akan secara cepat mendorong penyembuhan rambut anda yang kering dan rusak menjadi sehat dan berkilau kembali.


Ada beberapa cara lain yang dapat anda lakukan seperti memijit kulit kepala anda untuk merangsang produksi minyak dan bisa juga konsultasi langsung ke dokter kulit. Selain itu, anda mungkin dapat menjauhkan diri terlebih dahulu dari trend fashion rambut seperti mewarnai rambut, meluruskan rambut, mengkritingkan rambut, highlight dan bleaching rambut, sampai rambut anda sudah kembali sehat sempurna.

Semoga bermanfaat...


1 comment: