Sunday, October 7, 2012

Tips melembutkan rambut keriting

Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang halus dan lembut.
Tapi bagaimana anda bisa milikinya jika Anda memiliki rambut keriting alami?
Beberapa jenis rambut tidak dapat diperlakukan dengan cara yang anda inginkan. Sebagai contoh jika rambut anda pada dasarnya bersifat lurus alami, maka walaupun anda berusaha membuatnya bergelombang ataupun keriting, nantinya rambut anda tersebut akan lurus lagi. Begitu juga sebaliknya, maka hal yang sebaiknya anda lakukan adalah bagaimana agar rambut keriting alami anda dapat menjadi lebih halus dan lembut.
Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan oleh wanita untuk merawat dan menjaga rambut
keriting mereka agar tidak kusut.

Tampil lebih alami.

Berhentilah mencoba mengkritingkan rambut anda jika anda mempunyai rambut lurus alami.
Sayangilah rambut alami anda maka anda akan terhindar dari rambut kering dan rontok.
Jika anda pernah melakukan hal tersebut, anda pasti pernah mengalami bahwa mengkritingkan rambut ataupun meluruskan rambut di salon hanya akan membuat rambut anda menjadi lebih kering, kusut, rusak dan rontok - bahkan menjadikan rambut anda kusut seperti bihun kering.
Jika anda tidak dapat menghindari hal tersebut sepenuhnya, maka paling tidak anda dapat mengurangi metode perawatan yang dapat merusak rambut anda.
Akan lebih baik, gunakan cara yang alami untuk meluruskan ataupun mengkritingkan rambut anda.

Gunakan Shampoo yang ringan.

Keseringan menggunakan shampoo dapat menyebabkan rambut alami anda menjadi kering dan kusut.
Gunakanlah shampoo hanya untuk membersihkan rambut anda dari debu dan kotoran. Ingat, bahwa sifat dasar shampoo pada umumya adalah untuk membersihkan rambut berminyak.
Disarankan untuk menggunakan shampoo yang ringan, seperti shampoo untuk anak - anak ataupun bayi.

Menjadwalkan perawatan rambut secara teratur.

Ini tidak berarti bahwa anda harus merawat rambut anda setiap saat - setiap jam, setiap menit.
Yang dimaksud disini adalah anda menjadwalkan pemakaian shampoo dan kondisioner anda setiap minggu, contohnya keramas dan menggunakan kondisioner dua atau tiga kali seminggu.
Hal ini akan membuat rambut anda menjadi lebih lembut sehingga terhindar dari rambut kering dan kusut.
Ikutilah tata cara yang direkomendasikan pabrik ketika menggunakan kondisioner, dimana contohnya ada petunjuk yang mengatakan bahwa harus dibiarkan di rambut dan kulit kepala selama sekitar sepuluh sampai lima belas menit pada saat pemakaian.

Masker rambut.

Jika anda bisa, pergilah ke salon untuk mendapatkan perawatan masker rambut paling tidak satu kali dalam sebulan, ataupun jika anda mempunyai budget yang lebih, setiap minggunya melakukan masker rambut akan lebih bagus lagi.
Memiliki produk masker rambut sendiri juga akan sangat bermanfaat, dimana anda bisa menggunakannya sendiri secara rutin setiap minggunya.
Hal ini akan membuat rambut keriting anda menjadi lebih halus dan lembut.

Pengaturan hair dryer dengan panas sedang.

Jangan menggunakan pengaturan panas yang paling tinggi saat akan mengeringkan rambut dengan hair dryer. Memang lebih cepat namun hal ini malah akan merusak rambut anda.
Gunakanlah settingan dengan panas yang kecil ataupun sedang pada saat mengeringkan rambut anda dengan hair dryer.
Akan lebih bagus jika menggunakan kipas angin ataupun kipas tangan pada saat mengeringkan rambut. Anda tidak hanya menghemat energi tapi juga membuat rambut anda terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh panas dari hair dryer.

Kurangi perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia.

Hindari mengecat rambut, pemutihan rambut atau bleaching, ataupun perawatan rambut lainnya yang menggunakan bahan kimia. Terlalu banyak menggunakan hal tersebut diatas hanya akan membuat rambut anda menjadi kusut dan rusak.

Menggunakan hair moisturizer atau pelembab rambut.

Menggunakan pelembab rambut juga dapat meminimalisir kerusakan pada rambut. Namun, Jangan terlalu sering menggunakan pelembab rambut atau menggunakannya pada bagian rambut yang rusak saja. Pemakaian pelembab rambut yang berlebihan hanya akan merusak rambut anda dikarenakan bahan kimia yang berlebihan. Gunakan paling tidak dua hari sekali.


Ada banyak produk shampoo dan kondisioner di pasaran untuk masalah rambut kusut. Gantilah produk yang anda gunakan saat ini dengan produk yang memang khusus untuk rambut alami anda. lakukanlah tips diatas selama satu sampai dua bulan. Anda akan merasakan sendiri hasilnya.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment