Thursday, October 11, 2012

Cara menyetel standby mode di Playstation 2

Playstation 2 atau yang sering disebut PS 2 adalah perangkat game yang cukup rame di pasaran saat ini. Desain grafis yang sudah lebih maju dan canggih dibanding PS 1 yang ditawarkan membuat gamer tergila gila memainkan PS 2 ini. Sama hal nya dengan PS 1 , PS 2 juga menawarkan berbagai macam jenis game yang dapat dimainkan. Sebagai contoh, game petualangan dan Role Playing Game atau RPG sangat banyak diminati para gamer.


Memainkan jenis game seperti ini membuat anda menjadi terpaku pada kejadian dan alur cerita yang sedang terjadi di dalamnya. Terkadang dunia nyata memanggil anda disaat anda sangat bersemangat memainkan game ini. Mungkin karena anda harus makan, minum, lakukan pekerjaan rumah, belajar, mandi ataupun ada hal yang sangat penting lainnya membuat anda harus berhenti bermain sementara. Namun, tentu anda tidak ingin mengulang lagi fase permainan yang sudah anda lewati tadi dari awal, apalagi jika anda melaluinya dengan sempurna. Jangan merasa jengkel, yang anda harus lakukan adalah menyetel PS 2 anda dalam keadaan standby mode.

Berikut beberapa tips yang anda dapat lakukan :

  • Cari tempat save/ save point. Hal yang pertama yang anda harus lakukan adalah mencari save point atau tempat untuk menyimpan data game anda sebelum menyetelnya dalam standby mode. Pada dasarnya, anda dapat menyetel standby mode tanpa menyimpan data anda terlebih dahulu. Tapi, masalahnya adalah jika anda menyetel ke standby mode tanpa menyimpannya terlebih dahulu, bisa saja point dan data game yang sudah anda dapatkan sampai saat terakhir pada game yang anda mainkan tiba - tiba hilang.
  • Gunakan memory card. Memory standar dengan kapasitas 8MB sudah cukup untuk menyimpan data permainan anda. Masukkan memory card ke dalam slot 1 atau slot 2 yang sudah tersedia. Setelah memory card terdeteksi, simpanlah data game anda. Tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa data game anda sudah tersimpan sempurna. Ingatlah, menyimpan data game ini sangat penting. Jika anda tidak menyimpannya, maka semua data permainan anda akan hilang.
  • Tekan dan tahan tombol power. Tombol ini terletak di sudut kanan perangkat PS2. Pastikan anda menekan sambil menahan tombol tersebut sampai lampu indikatornya berwarna merah. Jika anda hanya menekan tanpa menahan, maka anda hanya merestart perangkat anda, bukan menyetel ke standby mode.
  • Periksa lampu indikator. Lampu indikator terletak dibawah tombol power. Jika anda sudah menyetel standby mode dengan cara yang benar, maka lampu indikatornya harus berwarna merah.
Menyetel PS 2 anda dalam keadaan standby adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk menyimpan data game, point, dan alur cerita atau fase yang sudah anda lewati sehingga nantinya anda gampang melanjutkan game anda disaat anda sudah memiliki waktu lagi untuk memainkannya. Namun, tetap jangan lupa untuk menyimpan data game anda, siapa tahu listrik tiba - tiba padam.
Sebagai masukan tambahan, jangan membiarkan PS 2 anda dalam keadaan standby terlalu lama, satu jam sudah cukup lama. Jika anda membiarkan terlalu lama, itu hanya akan meningkatkan tagihan listrik anda dan itu sangat mubasir.
Sebagai catatan, mode standby ini tidak berlaku jika anda memainkan game dengan menggunakan DVD.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment