Sunday, October 14, 2012

Tips agar percaya diri saat berbicara di depan umum

Tidak semua orang bisa dengan lancar berbicara atau presentasi di depan umum. Banyak orang yang takut jika harus presentasi atau berbicara di depan khalayak ramai. Namun, jika pekerjaan mengharuskan anda untuk berbicara atau presentasi di depan umum, anda harus memiliki rasa percaya diri untuk itu. Anda mungkin bukan orang yang ahli, akan tetapi jika anda presentasi dengan penuh percaya diri dan semangat, pendengar yang mendengar anda pasti akan terpikat. Berikut tips agar anda tampil percaya diri saat akan
presentasi di depan umum.
  1. Cukup persiapan. Hal yang harus anda ketahui adalah topik apa yang harus anda bawakan dan didepan siapa anda akan tampil presentasi. Dengan ini, anda akan bisa merangkai kata yang sesuai dan dapat dimengerti oleh pendengar sehingga informasi yang anda sampaikan dapat ditangkap dengan baik. Pastikan anda sudah menyiapkan segala bahan dan alat presentasi saat anda akan tampil. Jika anda sudah memiliki cukup persiapan, anda tidak akan khawatir lagi untuk tampil di depan umum.
  2. Berlatih. Sebelum anda tampil untuk presentasi di depan umum, berlatihlah terlebih dahulu dengan topik yang akan anda bawakan. Berdirilah di depan cermin dan berbicaralah. Pandang diri anda saat anda berlatih, kenali jeda yang sering anda lakukan dan ketahui kata yang sering salah saat diucapkan. Hal ini dapat membantu anda mengetahui kesalahan anda sehingga anda dapat memperbaikinya menjadi lebih baik. Anda juga bisa berlatih didepan teman atau pasangan anda, lalu mintalah komentar dari mereka. Ini dapat membangun rasa percaya diri anda.
  3. Ikut kursus. Anda dapat mengikuti kursus Public Speaking. Pengetahuan dan trik yang anda dapatkan serta pengalaman dari teman kursus anda, dapat membuat anda menjadi public speaker yang baik.
  4. Bayangkan kesuksesan anda. Berhayal akan kesuksesan anda saat tampil berbicara di depan umum, memang terdengar konyol. Namun hal ini dapat membantu mempersiapkan mental anda. Menghayal bagaimana anda dengan penuh percaya diri menarik perhatian penonton, membuat mereka terpikat, dan percaya atas apa yang anda presentasikan. Lakukanlah hayalan anda itu di dunia nyata dan tampillah penuh percaya diri.
  5. Ingat tujuan presentasi. Presentasi di depan umum berarti anda menyampaikan suatu informasi yang penting dan tentunya anda ingin agar orang yang mendengarkan mengerti atas apa yang anda sampaikan. Buatlah poin - poin atas hal yang ingin anda sampaikan kepada penonton. Pastikan bahwa poin - poin tersebut di sampaikan oleh anda dengan baik dan tentunya terdengar oleh penonton dengan baik.
  6. Penampilan terbaik. Perhatikan penampilan anda, lihat pakaian yang anda pakai apakah sudah rapi dan sesuai. Penampilan terbaik anda juga merupakan aspek yang mempengaruhi, selain meningkatkan rasa percaya diri anda, penampilan yang baik juga dapat menarik perhatian penonton dan tentunya jika perhatian penonton sudah tertuju kepada anda, maka presentasi anda akan didengar dengan baik.
Tetaplah berlatih dan gunakanlah setiap kesempatan yang ada jika anda ditawarkan presentasi di depan umum. Semakin sering anda presentasi di depan umum akan membuat anda merasa terbiasa. Dan jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, rasa percaya diri akan selalu menyertai anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment