Friday, October 19, 2012

Tips menjaga tulang agar tetap kuat

Tulang anda adalah sel hidup yang ada didalam tubuh anda. Memang tidak terlihat langsung oleh anda, namun jika anda tidak dapat menjaga tulang anda sejak dini, anda akan mengalami Osteoporosis atau tulang keropos. Penyakit ini tidak hanya di derita oleh orang - orang yang sudah tua, anda yang masih muda juga bisa mengalaminya. Kesehatan tulang anda dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang anda konsumsi. Berbagai macam pola diet, rokok, dan minuman yang ada di pasaran saat ini, dapat meningkatkan resiko
anda mengalami osteoporosis, karena hal tersebut mengganggu proses pembentukan tulang ataupun regenerasi tulang di dalam tubuh anda. Berikut beberapa masukan untuk menjaga tulang anda agar tetap kuat.
  • Konsumsi cukup vitamin D. Vitamin D ini sangat penting sebagai unsur terbentukkan kalsium untuk tulang anda. Vitamin ini selain anda dapat dalam sayuran, juga dari sinar matahari. Anda juga dapat mengkonsultasikan dengan dokter, jika anda membutuhkan suplemen tambahan.
  • Berolah raga secara teratur. Berolah raga secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tulang dan tubuh anda. sebagai contoh : berjalan kaki, menari, aerobik, dan lain sebagainya.
  • Berhenti merokok. Zat yang terkandung di dalam rokok pada dasarnya tidak bagus untuk kesehatan. Untuk menjaga agar tulang anda tetap kuat, berhentilah merokok dari sekarang. Jika anda merasa kesulitan untuk berhenti, anda dapat mempelajari terapi - terapi yang sudah sukses dilakukan orang - orang untuk berhenti merokok.
  • Jangan minum minuman beralkohol berlebihan. Minuman beralkohol jika diminum dibawah dosis yang dianjurkan, tidak akan mempengaruhi kesehatan tulang anda. Namun akan lebih baik jika anda tidak mengkonsumsi minuman ini.
  • Makan makanan bergizi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 800 mg kalsium setiap hari. Zat ini anda dapat peroleh dari susu sapi murni, yogurt, kacang, bayam, brokoli dan banyak lagi lainnya.
  • Mengkonsumsi suplemen. Ada banyak suplemen untuk tulang yang sudah diciptakan para pakar kesehatan. Ada juga susu yang diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda setiap harinya. Suplemen ini dapat membantu anda menjaga tulang agar tetap kuat.
Ada banyak hal lain yang menyebabkan osteoporosis. Jika anda memang memiliki turunan tulang rapuh, anda dapat konsultasi dengan dokter perihal suplemen khusus yang harus anda konsumsi agar tulang anda menjadi kuat. Jagalah tulang anda agar tetap kuat mulai dari sekarang. Semoga masukan diatas bermanfaat untuk anda

2 comments: