Friday, October 19, 2012

Cara mengetahui tanda kehamilan

Apakah anda merasa pusing, mual dan sakit kepala? Apa anda merasa mual saat mencium aroma masakan yang biasa anda masak dirumah atau bau parfum dari suami anda? Apakah ini menandakan bahwa anda memang sedang tidak enak badan atau karena anda sedang hamil? Bagaimana anda mengetahui bahwa memang anda sedang hamil? Berikut cara mengetahui tanda kehamilan anda.

  • Tanda yang mungkin anda alami pertama kali adalah adanya noda darah seperti saat anda sedang menstruasi. Hal ini biasanya terjadi antara 5 sampai 12 hari setelah berhubungan intim.
  • Perubahan bentuk tubuh anda. Perubahan yang sangat mencolok jika anda hamil adalah payudara anda membesar atau membengkak. Hal ini biasanya terjadi di minggu pertama dan kedua kehamilan. 
  • Hal lainnya yang berubah adalah anda sering merasa mual dan muntah. Rasa mual ini biasanya dirasakan 2 sampai 8 minggu setelah berhubungan intim. Ada juga beberapa wanita hamil yang sering mual sampai kandungannya berumur cukup tua.
  • Merasa lelah juga dapat menandakan kehamilan. Itulah sebabnya mengapa wanita yang sedang hamil cenderung merasa ngantuk dan suka tidur dirumah. Hal tersebut lumrah.
  • Tanda lain adalah sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena rahim anda tumbuh dan menekan ginjal sehingga membuat anda merasa tidak nyaman dan ingin buang air kecil setiap saat.
  • Mengidam makanan yang tidak biasa di makan juga dapat menandakan bahwa anda sedang hamil. Ada beberapa wanita hamil yang mengidam makanan yang asam dan manis, dan ada juga beberapa yang ngidam makanan yang pedas dan bergaram. Ada bermacam - macam makanan yang di idamkan, yang pasti makanan tersebut biasanya anda konsumsi.
  • Tanda lainnya adalah terlambat datang bulan. Jika anda mengetahui bahwa anda sudah terlambat datang bulan, akan lebih baik jika anda mencobakan alat tes kehamilan untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak.
  • tes urin. Anda juga dapat mengetahui kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan. Namun untuk lebih kepastiannya anda juga dapat mengkonsultasikan hasil tes anda tersebut ke dokter.
Gejala tersebut diatas tidak sepenuhnya memberikan kepastian soal kehamilan anda. Untuk mengetahui kepastian benar apa tidaknya anda sedang hamil, konsultasi dan periksakanlah diri anda ke dokter. Hal ini tentunya akan memberi kepastian kehamilan anda. Semoga bermanfaat.

1 comment: