Thursday, October 18, 2012

Tips untuk mengambil keputusan

Mengambil keputusan adalah fase dimana semua orang pasti akan pernah mengalaminya termasuk anda. Hal ini terkesan mudah, namun pada kenyataannya hal ini sangat sulit terutama jika keputusan tersebut menyangkut kehidupan anda. Mungkin juga anda pernah menggantung untuk mengambil keputusan karena anda belum siap atau karena pilihan yang ada sangat tidak menyenangkan. Sebenarnya menunda untuk mengambil keputusan ini sama hal nya dengan menunda fase kehidupan anda. Anda akan terperangkap sendiri dengan kondisi tersebut dan tidak dapat melangkah kedepannya.


Keputusan yang anda ambil dalam hidup tentunya menyangkut hal yang mempengaruhi jalan hidup anda, dan anda harus menimbang nimbang terlebih dahulu dengan baik sebelum pada akhirnya anda memutuskan. Ada beberapa cara yang dapat anda terapkan dalam mengambil sebuah keputusan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anda.

  • Putuskan sendiri. Beberapa dari anda ada yang suka meminta pendapat kepada orang lain disaat ingin mengambil keputusan. Anda memang dapat meminta pendapat kepada orang lain soal keputusan yang akan anda ambil, namun semuanya kembali kepada diri anda. Buatlah keputusan anda sendiri, karena pendapat dari orang - orang disekitar anda hanyalah pertimbangan untuk anda. Apa pun yang terjadi dengan keputusan yang anda pilih, hanya anda sendiri yang akan menanggungnya, bukan orang - orang yang memberi pendapat tadi.
  • Jangan emosi dalam memutuskan. Dalam beberapa kasus, banyak orang menggunakan emosi nya dalam mengambil keputusan. Hal ini salah dan tentunya mengarahkan anda kepada keputusan yang salah. Tenangkan diri anda, buanglah emosi anda, dan berpikirlah secara rasional atas keputusan yang akan anda ambil.
  • Membandingkan pilihan anda dengan baik. Tulislah pilihan anda tersebut di selembar kertas. Bandingkan hal positif ataupun hal negatif dari tiap - tiap pilihan. Saat anda melakukan ini, pastikan diri anda dalam kondisi yang tenang tanpa ada gangguan disekitar anda. Tuliskan semua kemungkinan kemungkinan yang anda pikirkan dari pilihan anda tersebut. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan gambaran sebelum anda mengambil keputusan yang mempengaruhi hidup anda.
  • Menilai pilihan anda. Setelah anda selesai menuliskan perbandingan dari pilihan yang anda miliki tersebut, nilailah setiap pilihan itu dan tuliskan alasan anda. Pikirkanlah dampak - dampak yang mungkin terjadi untuk tiap - tiap pilihan keputusan yang anda akan ambil. Pikirkan dampaknya terhadap tujuan hidup anda, kondisi keuangan anda, orang - orang disekitar anda, dan keluarga anda. Ketahui apa yang anda inginkan dimasa depan, hal ini akan sangat membantu anda dalam mengambil keputusan.
  • Bertanggung jawab atas keputusan. Terkadang dampak dari keputusan yang anda ambil tidak sesuai dengan apa yang anda pikirkan. Hal ini tentunya akan sulit anda terima, namun semakin cepat anda ikhlas menerima dan menjalaninya, maka akan semakin besar kemungkinan anda memperbaiki kehidupan anda agar lebih baik di masa depan. Ingatlah bahwa anda hidup di dunia nyata. Anda tidak dapat mengubah keputusan yang sudah anda buat ataupun kembali ke masa dimana anda saat itu masih menimbang keputusan anda. Anda harus dapat bertanggung jawab dengan hal yang sudah anda putuskan, baik ataupun buruknya keputusan itu.
Ada kalanya dalam hidup, anda dihadapkan pada pilihan yang semuanya jelek. Namun, setelah anda membaca masukan diatas, paling tidak dapat membantu anda menimbang dan mengambil keputusan yang baik dari pilihan jelek yang ada.
Ingatlah bahwa keputusan yang baik akan membawa hidup anda kedalam kondisi yang baik pula. Jika keputusan yang anda ambil ternyata tidak seperti rencana anda, akan lebih baik jika anda mencari cara agar anda dapat memperbaiki situasi yang tidak sesuai rencana itu daripada anda mengeluh dan meratapi keputusan anda yang salah. Semoga masukan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment