Sunday, October 14, 2012

Tips agar tetap tegar & tetap semangat di masa pengangguran

Tidak semua orang beruntung untuk langsung mendapatkan pekerjaan begitu selesai dari jenjang pendidikan.  Hal tersebut wajar mengingat tingginya angka pengangguran di masa sekarang ini. Hal ini tentunya pernah membuat anda kecewa dan putus asa. Namun, hal ini tidak semata - mata membuat anda harus terpuruk dengan kondisi anda sebagai pengangguran. Masih banyak harapan dan peluang di depan anda, hanya saja anda belum menemukannya. Berikut beberapa masukan bagi anda yang selama ini menganggur agar tetap semangat, termotifasi dan tetap berpikir positif.



  • Ketahui bahwa itulah roda kehidupan. Hidup ini ibarat jarum jam. Kadang diatas, kadang dibawah. Karena saat ini anda adalah pengangguran, hidup anda akan terasa hampa dan tidak memiliki harapan.  Namun, anda harus tahu bahwa tidak akan selamanya anda berada di bawah. Mungkin saat ini anda pengangguran, besok belum tentu sama. Tetap percaya bahwa jika anda tetap berusaha dan bekerja keras, anda pasti dapat keluar dari keterpurukan ini.
  • Tetap berpikir positif. Memang hal ini lebih mudah untuk diucapkan dibanding melakukannya, namun hal inilah yang membantu anda tetap memiliki motivasi untuk lebih maju. Anda sudah melamar pekerjaan ke banyak tempat namun tidak ada hasil satupun sehingga membuat anda terpuruk dan frustasi. Memang kondisi ini membuat anda susah untuk berpikir positif. Namun lihatlah baik - baik disekeliling anda. Anda merasa tidak memiliki penghasilan karena tidak memiliki pekerjaan? Diluar sana, lebih banyak orang yang memiliki kondisi lebih parah dari anda, bahkan mereka tidak memiliki apa - apa sama sekali. Dengan menyadari ini di dalam pemikiran anda, dapat membantu anda berpikir lebih jernih dan positif dan dapat memotifasi anda untuk lebih maju.
  • Lakukan sesuatu yang membuat anda merasa nyaman. Ini bukan berarti anda bernyaman - nyaman dirumah, makan enak, nonton TV seharian, ataupun tidur seharian dirumah. Sebagai contoh, ikut dalam kegiatan sosial, atau memperbaiki atap rumah anda yang bocor ataupun hal lainnya. Dengan ini anda akan merasakan bahwa anda masih merupakan bagian dari dunia ini.
Selain hal tersebut diatas, keluarga dan orang terdekat anda juga merupakan bagian yang sangat penting. Motifasi dan dukungan yang mereka berikan dapat memberi dampak positif untuk anda. Walaupun saat ini anda masih menjadi pengangguran, tetaplah mengasah keterampilan anda. Ikut kursus dapat menjadi sebuah langkah awal yang bagus untuk anda agar keahlian yang anda miliki tetap tajam. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment