Sunday, October 21, 2012

Tips agar tetap sehat selama liburan

Liburan merupakan waktu yang banyak dinanti oleh setiap orang. Berkumpul bersama orang - orang terdekat akan meninggalkan kenangan tersendiri pada masa liburan itu. Tidak dapat dipungkiri, di masa liburan, banyak makanan enak yang disuguhkan di meja makan anda, ataupun ada undangan pesta dan perayaan yang tidak direncanakan dari teman - teman anda. Yang pasti makanan dan minumannya sangat menggoda anda. Namun,
banyak juga orang yang menyesali masa liburan mereka karena mereka jatuh sakit, karena tidak dapat menahan godaan dari makanan dan minuman yang ditawarkan dimasa liburan itu. Hal ini tentulah tidak anda inginkan, apalagi harus menghabiskan seluruh waktu libur anda dengan kondisi sakit. Berikut beberapa tips untuk anda agar tetap sehat dan fit selama masa liburan.

  • Tetap berolah raga. Jika di hari - hari biasa, anda ada mengisi waktu anda dengan fitness, lakukan juga hal tersebut selama liburan. Jika anda tidak bisa pergi ke tempat fitness, paling tidak anda bisa melakukannya dirumah. Jika anda tidak memiliki alatnya, karena sedang berada di rumah orang tua anda, anda bisa mencari botol ukuran 2 liter dan mengisinya dengan air. Ini dapat digunakan sebagai pengganti barbel anda.
  • Tahan godaan. Anda harus dapat menahan godaan untuk memuaskan diri anda dari makanan dan minuman yang kaya akan gula, soda, lemak, kalori dan lainnya seperti makanan dan minuman yang anda temui di franchise ataupun kafe. Makanlah sekedarnya hanya untuk mengetahui rasa dari makanan dan minuman tersebut. Konsumsilah buah - buahan ataupun jus sebagai pengganti makanan yang manis, kaya soda, dan beralkohol seperti es campur, es durian, kue tart, bir dan lain sebagainya. 
  • Makan secara teratur. Tetaplah makan secara teratur seperti biasanya anda lakukan. Jangan seperti orang kelaparan dan makan berlebihan. Jika ke pesta atau perayaan bersama teman - teman, makanlah makanan pembuka yang ringan sehingga nantinya anda tidak bisa terlalu banyak mengkonsumsi menu utama yang biasanya mengandung kalori yang tinggi.
  • Jangan memaksakan diri disaat menolong mempersiapkan perayaan ataupun pesta karena nantinya anda akan kelelahan dan tidak dapat menikmati perayaan tersebut.
  • Jadwalkan liburan anda. Anda harus ingat bahwa waktu berlibur tidak hanya untuk dihabiskan bersama teman - teman anda, tetapi juga dengan keluarga dan saudara atau famili. Aturlah jadwal anda agar tidak sama harinya sehingga anda juga dapat berisirahat.
  • Tetap menjaga kebiasaan tidur malam. Jangan begadang walapun anda merasa dapat mengganti waktu tidur anda nantinya. Namun, selain dapat merusak kesehatan anda, pada kenyataannya tidur pengganti tersebut dapat membuat anda hilang semangat dan hilang mood.
Ingatlah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama liburan. Ini bukan berarti bahwa anda harus menghabiskan tenaga anda dengan acara - acara yang ada, tetapi juga membarengi dengan istirahat yang cukup agar kondisi anda tetap prima. Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda dalam menjaga kesehatan selama musim liburan.


1 comment: