Sunday, October 21, 2012

Tips agar hamil

Hamil adalah fase normal secara biologis yang dialami oleh wanita. Banyak wanita yang ingin hamil cepat setelah mereka menikah. Beberapa ada yang bisa langsung hamil, namun banyak juga diantaranya yang belum. Jika anda adalah seorang wanita yang memiliki masalah kehamilan seperti ini, dan ingin segera memiliki momongan, berikut beberapa masukan untuk anda agar dapat hamil.


  • Bicara dengan pasangan anda. Seperti yang anda ketahui, hamil bukanlah suatu hal yang dapat anda lakukan sendirian. Memang dengan kemajuan teknologi sekarang ini, memungkinkan anda untuk melakukan itu, namun banyak wanita yang lebih memilih hamil melalui proses bersama pasangannya. Karena hamil dapat merubah hidup anda berdua, maka bicaralah dengan pasangan anda mengenai hal ini terlebih dahulu.
  • Hentikan penggunaan alat dan obat KB - Keluarga Berencana. Menggunakan alat kontrasepsi memang merupakan anjuran kepada anda agar dapat membatasi angka kelahiran. Namun, ini tidak berlaku jika anda memang belum memiliki momongan semenjak menikah. Hentikan penggunaan alat KB anda. Bagi beberapa wanita yang pernah menggunakan alat KB, baik obat, pil, ataupun sesuatu yang ditanamkan di dalam tubuh, butuh waktu sampai 6 bulan agar tubuhnya benar - benar pulih dan siap untuk hamil. Jadi anda harus sedikit bersabar untuk hamil jika anda pernah menggunakan alat KB.
  • Ketahui siklus anda. Kebanyakan wanita subur saat dua minggu setelah datang bulan. Jika anda ingin cepat hamil, ketahui siklus kesuburan anda. Jika anda masih belum dapat mengetahui siklus kesuburan anda, anda dapat menggunakan alat tes kesuburan yang sudah ada dijual di apotik - apotik.
  • Pastikan kesehatan anda. Banyaknya makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia yang biasanya anda konsumsi juga mempengaruhi anda agar dapat hamil. Hiduplah sesehat mungkin, hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak zat kimia tersebut. Konsumsilah makanan organik seperti buah dan sayur. Anda juga harus cukup istirahat sehingga metabolisme di dalam tubuh anda dapat bekerja lebih sempurna. Kurang tidur ataupun badan yang terlalu lelah mempengaruhi beberapa hormon dalam tubuh anda sehingga menyulitkan anda untuk hamil.
  • Lakukan hubungan badan secara teratur di saat subur. Lakukanlah proses pembuahan dengan pasangan anda secara teratur, dua atau tiga hari sebelum masa kesuburan anda. Ambillah kesempatan saat siklus anda tersebut. Janganlah merasa frustasi jika sebelumnya anda belum hamil. Tetaplah jaga kedekatan dan keharmonisan anda dengan pasangan terutama di tempat tidur. 
  • Konsultasi ke dokter. Jika dalam waktu satu semester, anda masih juga belum hamil, konsultasikanlah segera ke dokter. Mungkin selama ini anda atau pasangan anda tidak dalam kondisi fit.
  • Tetap mencoba. Jika dokter anda merekomendasikan beberapa cara alternatif dan terapi kesuburan, diskusikanlah dengan pasangan anda, sehingga anda dan pasangan lebih peduli dan fokus terhadap kesehatan. Tetaplah berusaha dengan metode yang direkomendasikan dokter.
Bagi beberapa wanita, mereka malah hamil tanpa diinginkan saat mereka melakukan hubungan dengan pasangannya. Namun bagi wanita lain, untuk hamil tidaklah semudah itu. Jika anda adalah seorang wanita yang mengalami masalah untuk hamil, semoga masukan yang sudah dijabarkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment